Satelit NASA Rilis Gambar Penampakan Ibu Kota Nusantara

NASA merilis gambar menakjubkan dari sebuah kota yang baru saja dibangun. Letaknya ada di Indonesia, tepatnya pulau Kalimantan.

Ya, itu yakni Nusantara, Ibu Kota baru Indonesia dengan konsep kota hutan, dikutip dari situs livescience.com, Minggu (3/3/2024).

Citra satelit dari April 2022 situs judi bola dan Februari 2024 menunjukkan progres pembangunan trek dan pembangunan gedung di Kalimantan bagian timur tersebu

Observatorium NASA membagikan gambar-gambar tersebut, yang diambil oleh Operational Land Imager 2 (OLI-2) pada satelit Landsat 9 dan OLI pada Landsat 8.

Ini diambil sebagai bagian dari rangkaian Image of the Day pada 23 Februari.

Gambar-gambar tersebut menyoroti kemajuan yang dicapai Presiden Joko Widodo terkait tekadnya untuk memindahkan ibu kota Indonesia serta akibat lingkungan dari pembangunan di Kalimantan.

Unsur pendorong di balik perbuatan ini yakni Jakarta, ibu kota Indonesia dikala ini yang berada di Pulau Jawa. Ada ancaman akan tenggelam.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Natural Hazards menemukan bahwa Jakarta mengalami penurunan permukaan tanah dengan kecepatan antara 0,4 dan 6 inci (1 dan 15 sentimeter) per tahun.

Pun, sebagian daerah tenggelam 11 inci (28 cm) per tahun. Penurunan permukaan tanah yang terus-menerus dan kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim menempatkan masa depan kota ini dalam bahaya.

Respons Pengamat Berkaitan IKN

Heri Andreas, seorang peneliti di Institut Teknologi Bandung di Indonesia yang mempelajari penurunan tanah di Jakarta, mengatakan kepada BBC News pada tahun 2018 bahwa sebagian kota akan berada di bawah air pada tahun 2050.

Potensi tenggelamnya Jakarta bukan bahan tertawaan, kata Andreas.

“Sekiranya kita lihat pada tahun 2050 sekitar 95% kawasan Jakarta Utara akan terendam.”

Ada bukti bahwa tenggelamnya Jakarta disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan. Jakarta bertumpu pada air tanah dari akuifer bawah tanah, dan dikala permukaan air tanah turun, hal ini menyebabkan tanah di atasnya tenggelam, menurut penelitian tersebut.

Kota ini juga berpenduduk padat dan mengalami kepadatan yang berlebihan, kemacetan lalu lintas, polusi udara yang berbahaya, dan kekurangan air minum, menurut NASA.

Rencana Besar Jokowi di IKN

Di sisi lain, Joko Widodo merencanakan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan yang benar-benar berbeda.

Nusantara akan menjadi kota berkelanjutan yang didorong oleh kekuatan terbarukan. Menurut situs situs kota tersebut, Nusantara mengungkapkan bahwa bangunan perumahan dan komersial akan dibangun memakai \\”cara konstruksi ramah lingkungan.\\”

Kalimantan yakni pulau non-kontinental terbesar ketiga di dunia dan populasinya jauh lebih sedikit diperbandingkan Jawa.

Pulau ini terbagi antara Indonesia, Malaysia dan Brunei. Namun Kalimantan — bagian Indonesia — meliputi sebagian besar daratan, dan terdapat banyak ruang untuk membangun kota metropolitan dan modern dari permulaan.

Namun, ada juga banyak hal alami.

Kalimantan yakni sentra keanekaragaman hayati yang yakni rumah bagi ekosistem yang kaya dan banyak spesies unik.

Mereka berpotensi terancam oleh pembangunan baru malah kalau kota ini menjadi kota yang berkelanjutan. Membangun sebuah kota mewujudkan emisi dan memerlukan infrastruktur pendorong yang melampaui batas-batas kota.

Kota ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2045.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *