Kuliner Khas Cilacap

kuliner khas cilacap


Cilacap adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki beragam kuliner khas yang lezat dan unik. Berikut adalah beberapa contoh kuliner khas Cilacap:

  1. Nasi Gandul: Nasi gandul adalah hidangan nasi yang disajikan dengan kuah kental berbumbu rempah-rempah, daging sapi, telur rebus, dan tauge. Kuahnya yang gurih dan kental membuat hidangan ini menjadi favorit di Cilacap.
  2. Gethuk Lindri: Gethuk lindri adalah makanan tradisional Jawa Tengah yang juga populer di Cilacap. Terbuat dari singkong yang direbus dan dihaluskan, gethuk lindri biasanya diberi rasa manis dengan gula merah atau gula pasir. Hidangan ini biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil.
  3. Sate Blengong: Sate blengong adalah hidangan sate yang terbuat dari daging bebek blengong yang dipotong kecil-kecil, ditusuk ke dalam tusuk sate, kemudian dibakar hingga matang. Sate ini biasanya disajikan https://www.protectoregonfarmers.com/ dengan bumbu kacang atau sambal kecap.
  4. Lontong Balap: Lontong balap adalah hidangan nasi lontong yang disajikan dengan kuah kental berbumbu kacang, tauge, dan irisan mentimun serta kerupuk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan sambal dan kecap manis.
  5. Es Puter Cilacap: Es puter adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran santan, gula merah, dan es serut. Es puter Cilacap sering ditambahkan dengan potongan nangka, kelapa muda, atau tape singkong untuk memberikan cita rasa yang lebih khas.
  6. Ikan Bakar Cilacap: Cilacap terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, sehingga ikan bakar menjadi hidangan yang sangat populer di sana. Ikan segar dibumbui dengan rempah-rempah khas dan kemudian dipanggang di atas arang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal dan nasi hangat.

Itulah beberapa contoh kuliner khas Cilacap. Meskipun mungkin tidak sepopuler kuliner dari daerah lain di Jawa Tengah, kuliner Cilacap memiliki cita rasa yang khas dan unik yang patut untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *