Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba Saat Mudik Lebaran

Mudik adalah kesibukan perantau atau pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia umumnya berlangsung menjelang hari raya besar keagamaan seperti Idulfitri, Natal dan Tahun Baru, Iduladha, dan hari besar Nasional.

Biasanya kesibukan mudik diisi bersama dengan bersilaturahmi bersama dengan bagian keluarga dan kerabat. Terkadang termasuk sambil berkunjung ke area wisata populer di sekitar area tujuan.

Menikmati hidangan khas lebaran termasuk jadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Namun, tidak spaceman gacor cuman hidangan lebaran, tidak tersedia salahnya untuk sekaligus mencicipi hidangan khas di area yang anda kunjungi atau area sekitarnya.

Apalagi jikalau area berikut bukan area asal anda dan belum dulu anda kunjungi sebelumnya. Untuk anda yang bakal mudik ke Surabaya dan sekitarnya, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas Surabaya berikut ini ya!

  1. Tahu Tek

Sekilas, makanan ini sama bersama dengan ketoprak. Yang membedakan adalah bumbunya yang pakai petis sehingga berwarna lebih gelap. Namanya yang berasal berasal dari bunyi “tek, tek, tek” dikala penjaja keliling memotong mengerti dan lontong pakai gunting. Selain potongan mengerti dan lontong, kuliner ini dilengkapi termasuk bersama dengan taoge dan telur goreng yang tingkatkan tekstur renyah sementara menyantapnya.

  1. Rujak Cingur
    Rujak cingur terdiri berasal dari potongan cingur atau hidung sapi yang sudah lewat sistem perebusan lama sehingga jadi empuk dan kenyal. Cingur dicampur bersama dengan sayur rebus, buah-buahan seperti kedondong dan nanas, dan juga irisan lontong. Dilengkapi bersama dengan campuran bumbu kacang dan petis, menu ini bisa jadi santapan berikan kesegaran di sela liburan di Kota Surabaya.
  2. Rawon
    Rawon terbuat berasal dari daging sapi yang dimasak bersama dengan kuah berasal dari biji tanaman kluwek. Yang memicu warna kuah dan daging jadi hitam. Dalam semangkuk rawon, anda bisa menemukan perpaduan yang serasi antara daging, taoge, timun, dan sambal yang menghasilkan rasa gurih dan pedas.
  3. Pecel
    Semanggi seperti pecel sayuran, pecel semanggi menghidangkan kukusan semanggi (sejenis tanaman paku) yang dicampur bersama dengan daun pepaya dan taoge, lantas disiram bersama dengan bumbu kacang yang gurih, manis, dan pedas. Menu ini termasuk bisa ditemui bersama dengan gampang di pinggir jalan di sekitaran Surabaya.
  4. Sate Klopo

Sate klopo berarti sate kelapa. Hidangan ini terbuat berasal dari daging ayam dan daging sapi. Yang membedakannya bersama dengan sate biasa adalah tambahan jeroan dan lemak sapi, dan juga parutan kelapa di atas sate sebelum saat dibakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *