Makanan Khas Sunda Terdekat di Jakarta

Masakan khas Sunda tergolong masakan Indonesia yang populer. Identik dengan lalapan, sambal terasi, sayur asem, dan lauk yang digoreng selanjutnya disantap dengan sambal dan kecap manis, hidangan ala Sunda sebenarnya ringan sesuai di banyak lidah. Cita rasa yang diberikan masakan khas Sunda sebenarnya kaya: dari asin, gurih, manis, hingga asam. Yuk, kenali sebagian hidangan khas Sunda.

Nasi Timbel
Nasi yang dimasak di dalam bungkusan daun pisang ini sekilas terlihat layaknya nasi biasa, tapi ketika dibuka dari bungkusannya, maka bakal semerbak wangi dari si daun pisang. Dulunya, nasi timbel ini kerap dibawakan sebagai bekal makan para petani sebelum saat berangkat ke sawah atau ladang. Karena dibungkus daun pisang, maka nasinya pun selamanya wangi, tidak keras, dan pulen ketika dimakan berjam-jam kemudian. Sekarang, nasi timbel jadi hidangan khas Sunda sehari-hari yang disantap bersama dengan ragam lauk dan sayur. Banyak yang puas dengan nasi timbel ini sebab wanginya.

Nasi Tutug Oncom
Nasi tutug oncom, atau kerap termasuk disebut sebagai “Nasi T.O.”, merupakan makanan khas wilayah sbobet Tasikmalaya. Nasinya diaduk –atau ditutug (tumbuk) jadi satu– dengan oncom yang dimasak dengan digoreng ataupun dibakar. Rasa dan aroma kuat oncom sesuai sekali untuk digabungkan dengan nasi. Tak heran banyak yang makan nasi tutug oncom lebih-lebih tanpa lauk.

Pepes
Pepes, atau Pais dalam bahasa Sunda, merupakan cara pengolahan makanan yang Sunda banget, yakni, dengan kenakan daun pisang untuk membungkus lauk yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah. Bungkusan lauk ini sesudah itu dikukus sebelum saat dihidangkan. Hasilnya adalah lauk wangi dengan cita rasa yang kaya. Lauk yang digunakan bisa beraneka ragam –ikan, ayam, oncom, jamur, tahu– tapi yang paling terkenal adalah pepes ikan mas.

Bakakak
Dalam bahasa Sunda, bakakak bermakna adalah ‘ayam panggang’. Jadi ketika memesan “bakakak” sudah pasti kamu bakal di sajikan seporsi ayam panggang khas Sunda. Keistimewaan bakakak adalah perannya sebagai sajian utama di pesta kebiasaan penduduk Sunda, baik untuk nikahan, sunatan, ataupun upacara kebiasaan lainnya, dan umumnya yang digunakan adalah ayam jantan. Tetapi di era modern sekarang ini, ayam bakakak tidak cuma hadir waktu acara-acara khusus tersebut, tapi jadi makanan sehari-hari yang ringan ditemukan di restoran khas Sunda. Bumbunya yang mengfungsikan rerempahan Indonesia tidak cuma mengakibatkan rasa ayam bakakak lezat, tapi termasuk dipercaya baik untuk merawat kesehatan.

Empal Gentong
Hidangan Cirebon ini mirip dengan gule. Daging atau jeroan sapi direndam dalam kuah yang mirip gule selanjutnya dimasak dengan mengfungsikan kayu bakar di dalam gentong. Rasa dagingnya cenderung manis layaknya empal gepuk, tapi ditemani dengan kuahnya yang gurih rempah, maka didapatlah kombinasi cita rasa yang kaya.

Setelah baca sebagian makanan yang Sunda pisan di atas, jadi kepengen ngelahap hidangan Sunda, nggak? Kalau iya, lanjutkan bacamu untuk melacak sadar petunjuk daerah makan Sunda yang dekat daerahmu di Jakarta.

Murah, enak, dan Sunda pisan, Resto Tasik ini jadi pelabuhan bagi mereka yang kangen makan nasi tutug oncom di daerah Jakarta Barat. Berlokasi di daerah Jelambar, rumah makan Sunda ini sebenarnya terkenal dengan nasi tutug oncomnya yang ditemani sambal nikmat. Selain nasi tutug oncom, boleh termasuk coba Paket Ikan Lele Sayur Asemnya yang ditemani dengan nasi, tempe, lalapan, dan sambal.

Harga: Rp 15.000 – Rp 50.000 per orang

Alamat: Jl. Jelambar Timur No. 25, Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Jam Buka: 10.00 – 01.00

Seeng Nini

Menyisir menu di Seeng Nini, pastilah segera berasa piknik ke Tanah Pasundan sebab isinya tidak cuma menu makanan Sunda asli tapi termasuk ditampilkan dengan kosakata Sunda: Sangu Timbel (nasi timbel), Ngaliwet Nyalira (nasi liwet untuk satu orang), Pais Emas Beureum (pepes emas merah), Pais Hayam Suraung (pepes ayam kemangi), Sayur Haseum (sayur asem), dan masih banyak lagi. Cari masakan Sunda otentik? Di sini tempatnya.

Harga: Rp 30.000 – Rp 100.000

Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 61, Jakarta Selatan

Jam Buka: 10.00 – 21.30

Pondok Geulis

Kalau melihat pilihan makanan di Pondok Geulis, pasti rasanya pengen pesan semuanya. Silahkan dipilih dari ragam paket nasinya layaknya Nasi Bakar Teri, Nasi Tutug Jambal, Nasi Bakar, Nasi Tutug Oncom, Nasi Lengko, Nasi Daun Jeruk, maupun Nasi Bakar Spesial. Setiap porsi paket ini pasti buat kamu kenyang dan kemauan makan khas Sundamu terpuaskan.

Harga: Rp 40.000 – Rp 60.000

Alamat: Jl. Taman Margasatwa No. 28D, Ragunan, Jakarta Selatan

Jam Buka: 10.00 – 22.00

Nasi Timbel Putri Ayu

Jawara di Nasi Timbel Putri Ayu sudah pasti nasi timbelnya. Nasi timbel disini pasti saja bisa ditemani dengan beraneka lauk pilihanmu, tapi kalau kamu ulang mengidamkan yang praktis, segera membuka saja app GrabFood dan pilih dari keliru satu paket nasi timbel yang tersedia: dengan ayam goreng, ayam rica, cah kangkung, atau semur jengkol. Praktis, tidak mahal meriah, dan mengenyangkan!

Harga: Rp 20.000 – Rp 40.000

Alamat: Jl. Tanah Abang I No. 12, Petojo Selatan, Jakarta Pusat

Bumbu Desa

Mencari beraneka pepesan? Disini tempatnya. Pepesnya bervariasi dari pepes peda, pepes ikan mas, pepes jamur merang, pepes tahu, hingga pepes telur asin. Tinggal disantap dengan pilihan nasi putih, nasi merah, nasi bakar Bumbu Desa, atau nasi liwet ala Sunda. Kalau masih belum lumayan juga, tambahkan dengan beraneka pilihan lauk dan sayur sesuai seleramu. Ada ayam, bebek, ikan gurame, daging sapi, dan ragam sayur dan tumis yang bakal buat kulineran Sundamu komplit nan mengenyangkan.

Harga: Rp < 50.000 – Rp 100.000

Alamat:

– Jl. Cikini Raya No. 72, Menteng, Jakarta Pusat. Buka: 10.00 – 21.00

– Gramedia Matraman, Jl. Matraman Raya No. 46-50, Jakarta Timur. Buka: 10.00 – 21.00

– Plaza Kalibata Lt. G No. G41, Jl. Kalibata Raya, Pancoran, Jakarta Selatan. Buka: 09.00 – 20.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *