Gunung Awu Siaga, Warga Diminta Tidak Berkesibukan Radius 5 Km

Selain Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe sekarang statusnya berada di Tingkatan III Siaga.

“Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe sekarang statusnya berada di Tingkatan III Siaga,” ujar Kepala slot777 login Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan dalam laporan yang diberi tahu melewati Tommy Luhut Marbun.

Dalam pengamatan periode, Sabtu (11/5/2024), pukul 00.00-06.00 Wita, cuaca di sekitar gunung setinggi 1320 mdpl itu cerah dan berawan. Angin berhembus lemah ke arah barat tenaga. Temperatur udara 24-26 °C dan kelembaban udara 60-70 %.

“Secara visual, gunung nampak terang. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 30-50 m di atas puncak kawah,” ungkap dia.

Untuk kegempaan, terjadi 4 kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 6-19 mm, dan durasi 10-18 detik. Selain itu juga terjadi 9 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 3-9 mm, dengan durasi 75-126 detik.

“Kami menyarankan masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tak mendekati, dan beraktivitas di dalam radius 5 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu,” ujarnya.

Masyarakat di sekitar Gunung Awu diharap konsisten hening, tak tersulut informasi-informasi mengenai kegiatan Gunung Awu yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat harap mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *