Makanan Khas Jambi Sekaligus Bertamasya

Jambi kini kian menarik untuk dikunjungi karena pemerintah setempat terus mengoptimalkan tempat wisata. Provinsi yang berbatasan dengan Riau dan Sumatera Selatan ini memiliki bermacam tempat wisata alam dan sejarah yang menarik.

Tak lengkap rasanya jika bertamasya tanpa mencicipi makanan khas Jambi. Apa saja makanan khas Jambi yang sepatutnya masuk dalam daftar wisata masakan? Berikut daftarnya: 1. Tempoyak Tempoyak yakni makanan khas Jambi yang populer bagi masyarakat sekitar. Makanan ini berasal dari fermentasi buah durian. Biasanya tempoyak diberi tahu bersama nasi putih. Kecuali itu, tempoyak juga diwujudkan sebagai bumbu masakan oleh orang Jambi. Ditambahkan ke dalam sambal atau gulai, akan membuat masakan spaceman slot kian lezat. Oleh karena itu, tempoyak yakni salah satu macam makanan khas Jambi yang sepatutnya dicoba. Kecuali di Jambi, tempoyak juga familiar di Riau dan Sumatera Selatan.

  1. Daging masak itam Makanan khas Jambi satu ini yakni olahan daging sebagai lauk. Daging masak itam memiliki rasa manis dan gurih serta berkuah hitam pekat. Sekilas hindangan ini mirip dengan semur, namun daging masak itam kuahnya lebih kental diperbandingkan semur. Daging diolah sampai bumbu mengabsorpsi dan bertekstur empuk. Daging masak itam bisa jadi alternatif wisata masakan bagi penyuka daging.
  2. Gulai tepek ikan

Gulai tepek ikan yakni makanan khas Jambi berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu gulai. Biasanya ikan yang diaplikasikan yakni ikan gabus atau ikan tenggiri. Mungkin kau membayangkan tampilan makanan ini yakni seperti gulai ikan pada umunya, yakni ikan yang lantas dimasak dengan bumbu gulai. Hidangan ini berbeda, sebelum dimasak dengan bumbu gulai, ikan secara khusus dahulu diolah dengan adonan tepung sagu dan bawang putih mirip seperti pempek.

Makanan ini memiliki rasa asam segar karena ada potongan nanas pada kuah. Di Jambi, gulai tepek ikan termasuk makanan sakral yang hanya diberi tahu pada kesempatan khusus. Melainkan ketika ini sudah ada sebagian tempat makan di Jambi yang memasarkannya pada hari-hari lazim.

  1. Nasi gemuk Nasi gemuk yakni salah satu sarapan favorit bagi orang Jambi. Nasi gemuk ini mirip dengan nasi uduk orang Betawi, yakni hidangan nasi putih berbumbu dilengkapi dengan lauk-pauk dan lazim disantap untuk menu sarapan. Padahal mirip, nasi gemuk dan nasi uduk konsisten memiliki perbedaan pada lauk-pauk pelengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *